Kita dan Kesuksean


Mentari sedang bersinar terang, seterang hati gadis penuh semangat yang sedang dalam perjalanan ke sekolah, “Kiri bang”, teriak Tara kepada supir angkot yang mengantarnya ke sekolah, “Makasih ya bang”, ujar Tara kepada supir setelah memberinya uang. ‘Raaaaaa!!!!  Untung ada lo”, sahut Nita sambil menepuk bahu Tara, Nita adalah salah satu teman dekat Tara. “Duhh.. Nita ngagetin aja deh, kenapa sih?”. “Ga bisa nyebrang Ra, hehehe”, kata Nita memasang muka melas karena ia tidak bisa menyebrang, yapp letak sekolah mereka berada di seberang. “Ahh elo udah kelas 9 masa gak bisa nyebrang sih”, ledek Tara sambil mulai menyebrang. “Nanti aja bisanya pas udah kelas 10”, ujar Nita. Mereka pun berjalan bersama menuju kelas mereka, dan setibanya di kelas ...
“Ampun deh tuh anak, pagi-pagi udah baca buku aja”, kata Nita yang sedang memperhatikan Aca. “Maklumlah dia kan anak pinter, juara kelas pula pasti rajin”, ujar Tara dengan nada kecil. “Kok biasa aja Ra?” bukannya lo berharap bisa kaya dia malah lebih pinter dari dia”. “Yaa emang sih tapi kan .. udahlah jadi ngomongin orang gini”, ujar Tara menyudahi perbincangan yang setengah berbisik itu.
Tak terasa bel tanda KBM akan dimulai pun berbunyi.
“Baiklah anak-anak, siapa yang bisa mengerjakan soal ini di depan?”, tanya guru Matematika yang merupakan pelajaran pertama mereka. “Saya Pak!”, ahut Aca murid yang pintar di kelas tapi terkenal sombong dan jutek. “Disini anak murid nya Cuma Aca saja ya? Kok dari tadi Aca terus yang maju, udah Ca kasih kesempatan buat teman mu yang lain”, pinta Pak guru. “Aca kan egois mana mau dia kasih kesempatan ke yang lain”, bisik Keyla teman sebangku Tara. “Duhh sekarang ga tepat banget ngomongin Aca, gue takut Pak guru nunjuk gue nih, dari tadi dia ngeliatin gue”, kata Tara sambil menunduk. Dan tiba-tiba... “Eemm .. ya kamu, yang nunduk aja dari tadi, coba kerjakan soal ini”, perintah Pak guru. “Tuhh kann, mati gue”, batin Tara. “Good luck hunny”, bisik Keyla pada Tara.
Setelah 1 menit kemudian, Tara hanya menulis rumus dan menghitung hitungan yang melenceng dari soal. “Kamu ini bagaimana sih? Soal semudah ini masa gak bisa, kamu pasti tidak memperhatikan Bapak menerangkan ya?”. “Eemm eemm mmaaaff Pak, bukannya saya gak memperhatikan Bapak, tapi saya Cuma masih kurang paham aja Pak”, jawab Tara ketakutan. “Yasudah duduk, awas kamu ya kalau tidak memperhatikan dan sampai tidak bisa lagi”, jelas Pak guru. “Iii iiya Pak”, jawab Tara sambil menuju tempat duduknya. “Baiklah, berhubung waktunya mau habis, Aca kamu kerjakan soal di papan tulis ya”, pinta Pak guru. “Oke Pak!!”, ujar Aca semangat. ‘kok ga bisa sih Ra?”, tanya Keyla setelah Tara sudah duduk disampingnya. “Yaampun gue kan ngobrol sama lo, mana bisa ngerti”, keluh Tara. KKKKKRRRIINNGGGGGGG
Bel tanda istirahat berbunyi...
“Ra, lo itu sebenernya pinter tapi kalau lagi error bubar semua yang ada di otak lo”, kata Nita yang berdiri di dekat meja Tara dan Keyla. “Gara-gara Keyla ngajak ngobrol nih, jadi ga dengerin deh”, ujar Tara. “Yahh katanya bisa kaya Aca malah ngelebihn dia”, ledek Nita. “Udah deh Nit, lagia Tara nya juga langsung ngerocos curhat gitu ya.. gue ladenin dong”, ujar Keyla tidak mau kalah. “Yaudah ribut mulu, ke antin yuk”, ajak Nita melerai mereka.
Di antin..., “Bu, buburnya 1 ya”, pinta Keyla kepada tukang bubur di kantin. “Eehh guys, gue disuruh les nih sama bokap”, kata Tara. “Loh, bagus dong, jadi lo kan bisa lebih pinter dan bisa ngajarin kita kalau ada kesulitan”, ujar Nita. “Dan lo bisa saingin si Aca yang sombomg itu”, kata Keyla menambahkan. “Yaa.. Iya sih, tapi gue les dimana? Sama siapa? Kalo ga nyaman gimana? Yang ada malah buang-buang uang bokap gue”, keluh Tara. “Ampun deh Ra, lo itu harud semangat dong, gue seneng kalo temen gue tu berhasil, ada kesempatan malah dibuanggitu aja”, ujar Nita. “Ahaaaa, gue tau, les di Pak Iwan aja Ra”, ujar Keyla memberi pencerahan. “Pak Iwan? Dia kan guru fisika”, kata Tara bingung. “Emang tapi dia juga bisa MTK dan biologi loh, dia itu buka les terutama buat persiapan UN, banyak anak dari kelas kita yang les di Pak Iwan kok”, jelas Keyla. “Eeem boleh juga sih, tapi kalian juga ikut yaa”, pinta Tara. “Yahh Ra, gue kan udah les di tempat lain”, jawab Nita. “Ohiyyaa yaudah Keyla bisa kan?”. “Hhhmm.. gimana ya? Iyadeh nanti gue bilang ke nyokap bokap dulu ya”. “Ookkeeeyy”, ujar Tara senang.
Dan esok nya disekolah jelas nya setelah KBM telah usai ...
“Ayo Key, nanti keburu Pak Iwan nya pulang”, kata Tara sambil menghampiri ruang guru. “Iyaa Raa sabar, gue kan taro sapu ke lemari dulu”, ujar Keyla. Di ruang guru ...
“Maaf Pak ganggu, saya mau ikut les sama Bapak dong, masih bisa ga ya Pak?”, tanya Tara. “Oohh bisa..bisa kebetulan tinggal 1 orang lagi kan maksimal itu 10 anak”. “1 orang doang Pak? Tapi Keyla juga mau ikut Pak”. “Waduhh gimana ya, kapasitasnya hanya 10 anak Ra”, jelas Pak Iwan. “Yaudah lo aja Ra, gue sebenernya males sih”, bisik eyla. “Lo serius?”. “Iyee 2 rius malah, udah ambil aja”. “Eemm yaudah Pak saya mau, hari apa aja ya Pak? Dan bayarannya berapa?”. “Okkee kalau gitu, hari Kamis setelah pulang sekolah dan hari Minggu jam 7 kalau masalah biaya dan kapan bayarnya kamu tanyakan saja ke Aca ya”, jelas Pak Iwan. “Aaa..Aaccaa Pak? Dia les di Bapak juga?”. “Iyaa dari semester 1 malah, dia bendahara di tempat les”. “Hhmmm pantesan pinter”, bisik Keyla. Beberapa saat kemudian...
“Eehh Ra ini kan hari Kamis berarti sekarang dong?”, tanya Keyla memastikan. “Ohiyaaa, iyalah Key, bete deh ada Aca”, ujar Tara.
            “Dadaaaa Taraa... hati-hati yaa”, ujar Keyla dan Nita sambil tertawa kecil karn melihat Tara dan Aca pergi ketempat les bersama. “Iiihh awas ya mereka”, gumam Tara.
Di perjalanan mereka diem-dieman dan sampai akhirnya Tara yang memulai percakapan. “Eem Ca? Les di Pak Iwan cepet nyambung ga?”, tanya Tara ramah. “Lo liat gue aja gimana sekarang?”, jawab Aca ketus. “Ohh iyaa yahh..”, ujar Tara dengan maksud tak mau lagi melanjutkan percakapannya karna tak ska dengan jawaban Aca yang sombong. Setibanya di tempat les..
“Nahh, jadi harus dikalikan dulu baru dikurangi dengan persamaan sebelumnya”, jelas Pak Iwan yang sedang menerangkan. “Oalaaahhh.. jadi selama ini Cuma gitu doang”, ujar Tara sadar akan mudahnya soal-soal yang sebelumnya ia anggap sulit. “Yaaampunn baru sadar sekarang?”, sahut Aca sinis sambil  tetap mencatat, Tara hanya diam mengacuhkan.
            Semenjak Tara les di Pak Iwan, ia merasa dirinya baru saja di bangunkan dari kemalasan yang sudah membuatnya pesimis. Dan sekarang Tara sudah sering maju ke depan jika guru menyuruh siswa mengerjakan soal di papann tulis, Tara pun juga mengajari teman-temanyya jika mereka mengalami kesulitan dan hal ini membuat Aca sangat membenci Tara. “Hhhhh... akhir-akhir ini guru-guru sering mengandalkan Tara, apa-apa Tara”, gumam Aca yang duduk sendiri di taman sekolah. “Ehh Ra, si Aca kenapa tuh, melas banget mukanya”, ujar Nita yang tak sengaja melihat Aca. “Hahahahaha palingan galau gara-gara Tara bisa melebihi dia sekarang”, sahut Keyla. “Heehh kalian kok gitu sih, kalian tau gak Aca emang sering melamun gitu, apalagi di tempat les dan kayaknya bukan karna gue doang deh”, jelas Tara. “So? Lo mau samperin dia gitu? Yang ada lo di juekin baru tau rasa”, ujar Keya. “Mungkin dia butuh teman curhat, yaudah gue kesana dulu ya kalian duluan aja ke kantinnya”, Tara pun meninggalkan kedua sahabatnya dan menghampiri Aca. “Caa? Boleh duduk disini gak?”. “Eeemm boleh kok Ra”, jawab Aca kaget. “Lo kenapa Ca? Kok sering melamun sih?”. “Gapapa kok Ra”, jawab Aca cemas. “Ca, gue tau sekarang, sifat lo yang jutek dan sombong tu sebenarnya Cuma kepalsuan doang kan? Buat nutupin keadaan lo yang sebenernya”, ujar Tara berusaha membaca situasi Aca. “Heemm.. eemm apaan sih Ra, ngaco deh”, ujar Aca menglak. “Ca... Caa.. gue kali ini gamau nganggep lo saingan atau pun Aca yang terkenal jutek dan sombong, jujur aja Ca gue bisa jaga rahasia kok”, kata Tara lembut. “TTAAAARRRRAAAAA!!!!!! Mmaaaffinn guee.. hikss lo tau darimana? Gue emang bersikap kaya gitu sejak kelas 8 karna kematian bkap guee, dan pesan beliau yang terakhir itu dia mau gue jadi sarjana dan sukses tapi karna kondisi keluarga gue yang serba kurang jadi gue ngerasa ga ada waktu buat nyia-nyiain kesempatan dan gue gak mau orang lain sukses, biaya les gue aja di gratisin karna guejujur ke Pak Iwan dengan kondisi gue, guesayang banget sama almarhum bokap gue Raaa”, jelas Aca sambil terisk-isak. “Gue ngerti kok Ca, yang tabah ya, sikap lo yang gamau nyia-nyiain kesempatan perlu gue acungin jempol tapi ga harus egois juga Ca, semakin kita berbagi dalam kebaikan dan merendah makan banyak pula kesempatan dan kebaikan lainnya yang akan datang ke kita”, kata Tara sambil mengusap air mata Aca. “Lo bener Ra, selama ini sikap gue emang keterlaluan, makasih banget Ra udah buat gue sadar, oya maafin gue juga ya Ra, dan bantuin gue ya buat minta maaf ke teman-teman lainnya”. “Iya Ca sama-sama, gue seneng lo sadar gue udah maafin kok , pasti gue bantuin yaudah jangan nangis lagi ya, kita pasti bisa sukses bersama”, ujar Tara sambil memeluk Aca yang sekarang menjadi sahabatnya juga.
            Dan pada akhir masa SMP, Tara dan Aca meraih nilai UN tertinggi di sekolah nya, Keyla dan Nita pun juga mendapat hasil yang memuaskan. Hal ni adalah salah satu kesuksesan dari kesuksesan-kesuksesan  mereka di masa depan.
Persahabatan bukan hanya sekedar bersama dan kompak, tetapi saling melengkapi, membantu dan menghargai untuk tetap saling bersama dalam kesenangan, keterpurukan dan dalam kesuksesan

THE END

Komentar

Postingan Populer